Tesis

Uji Acak Tersamar Ganda Tentang Manfaat Lactobacillus reuteri pada Pasien Konstipasi Fungsional Kronik = Randomized Controlled Trial : Benefit of Lactobacillus reuteri in patients with Chronic Functional Constipation.

Latar belakang: Konstipasi fungsional kronik adalah masalah yang sering ditemukan di masyarakat dengan prevalensi sekitar 15-25%. Konstipasi menimbulkan berbagai gejala, meningkatkan angka kesakitan dan biaya kesehatan. Saat ini, penggunaan probiotik untuk pengobatan konstipasi kronik pada dewasa telah diteliti, namun, dari berbagai penelitian yang telah dilakukan hasil yang diperoleh masih terbatas dan menimbulkan kontroversi. Tujuan: Untuk menilai manfaat Lactobacillus reuteri dalam memperbaiki skor konstipasi Agachan, jumlah L. reuteri feses dan pH feses pada pasien konstipasi fungsional kronik. Metode: Uji acak tersamar ganda dilakukan pada 40 pasien dewasa (12 laki-laki/ 28 perempuan), rerata usia 45,95+/-16 tahun, yang menderita konstipasi fungsional kronik sesuai kriteria Rome III, selanjutnya dilakukan randomisasi dan diberikan L.reuteri atau Plasebo selama 4 minggu. Hasil: Pada minggu ke-4, setelah pemberian L.reuteri terjadi perbaikan gejala konstipasi, yang dinilai dari penurunan skor konstipasi Agachan dari 17 menjadi 8 dengan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Taolin Agustinus - Nama Orang
Marcellus Simadibrata - Nama Orang
Irsan Hasan - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang

No. Panggil
T 15 409 FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 76 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15409FKT15409FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Acak Tersamar Ganda Tentang Manfaat Lactobacillus reuteri pada Pasien Konstipasi Fungsional Kronik = Randomized Controlled Trial : Benefit of Lactobacillus reuteri in patients with Chronic Functional Constipation.

Related Collection